05 September 2014

Tips Wawancara Kerja Yang Baik

Tips Wawancara Kerja Yang Baik - Tips wawancara kerja sangat dibutuhkan selama proses wawancara saat perekrutan tenaga kerja yang baru disebuah perusahaan swasta ataupun BUMN. Setelah mengirim surat lamaran akan ada panggilan wawancara kerja, tahap ini paling penting untuk mendapatkan/diterima bekerja disebuah perusahaan idaman anda. Anda harus bisa membuat perekrut terpukau saat wawancara, kemungkinan besar anda diterima.

Namun pada kenyataannya, tidak mudah untuk bagaimana cara melakukan wawancara yang baik untuk mendapatkan pekerjaan yang di inginkan tanpa adanya tips wawancara kerja yang baik. Banyak pelamar mengalami kegagalan saat wawancara kerja, bahkan banyak yang putus asa dan tidak mau mencoba untuk kesekian kalinya. Untuk itulah perlu adanya persiapan yang matang yaitu beberapa tips wawancara kerja yang baik sebelum dipanggil untuk diwawancarai.

Berikut ini adalah beberapa tips wawancara kerja yang baik yang didapat dari beberapa sumber, yang mungkin bisa membantu anda untuk mempersiapan diri sebelum wawancara pekerjaan.

Tips Wawancara Kerja Yang Baik


Cari Tahu Profil Perusahaan

Yang harus dilakukan pertama kali adalah mencari segala informasi mengenai perusahaan tempat Anda melamar. Cari tahu seluk-beluk nya mulai dari sistem kerja hingga kelebihan perusahaan. Tulis juga catatan tentang pandangan pribadi anda mengenai perusahaan itu. Hal ini akan membuat Anda terlihat serius untuk masuk sebagai bagian dari perusahaan. Selain itu, Anda juga tak akan terlihat bingung saat diberi pertanyaan seputar perusahaan.

Pakai Busana Sesuai Budaya Kantor

Jika Anda tidak mengetahui busana apa yang biasanya dipakai oleh para karyawan di tempat Anda melamar, jangan takut untuk menelpon resepsionis calon kantor Anda tersebut. Hal ini membantu mengurangi risiko salah kostum. Di perusahaan konsultan dan bank, biasanya menuntut karyawannya berpenampilan rapi dengan blazer, kemeja dan celana bahan. Sementara di perusahaan kreatif seperti desain grafis, periklanan atau media bisa lebih fleksibel dalam berpakaian.

Deskripsikan Diri dengan Jujur

Ghea Dahliana Oktarin, Recruitment Human Capital Trans TV menjelaskan, pelamar harus menceritakan diri sendiri apa adanya, tanpa dilebih-lebihkan atau dikurangi. Ingat, staf HRD sudah mewawancara ratusan bahkan puluhan ribu pelamar jadi mereka bisa tahu apakah yang Anda katakan benar atau tidak. Beritahukanlah sesuai dengan personality kamu. Interview adalah sesuatu hal yang kita lakukan untuk menentukan bahwa orang ini memang personalitynya sesuai dengan hasil test (tertulis, psikotest). Sehingga nanti kita bisa menempatkan dia untuk posisi yang tepat. Jadi perusahaan nyaman, individunya juga," tambah Ghea.

Jawaban Jangan Hanya Terpaku pada Pertanyaan

Jangan hanya menjawab pertanyaan yang dilontarkan pewawancara. Berbincanglah secara profesional, namun jika ada kesempatan, Anda bisa menyampaikan ide-ide yang kiranya akan diberikan bila Anda diterima nanti. Jangan terlalu detail, secukupnya saja sehingga membuat pewawancara penasaran akan ide-ide Anda selanjutnya (jika diterima).

Spesifik dan Lugas

Jawab setiap pertanyaan dengan jelas, spesifik dan lugas. Jika perlu gunakan waktu jeda setelah pertanyaan untuk berpikir atau sekadar menarik napas panjang agar lebih tenang. Dengarkan juga pertanyaan dengan baik, lalu fokus pada pertanyaan itu. Jangan beri jawaban yang terlalu melebar karena hanya akan membuat Anda terdengar bertele-tele dan membuat perekrut bosan.

Selipkan Humor Cerdas

Tak ada salahnya menyelipkan sedikit humor pada jawaban Anda. Selain mencairkan ketegangan, humor yang cerdas juga akan membuat Anda terlihat sebagai orang yang ramah dan menyenangkan. Namun jangan sampai Anda berlebihan sehingga seperti badut yang tengah melucu.

Itulah beberapa tips wawancara kerja yang baik untuk mempersiapkan diri sebelum wawancara di perusahaan idaman anda.
◄ Newer Post Older Post ►
SOSIAL MEDIA

ADVERTISEMENT