16 Oktober 2011

Manfaat Kelapa Muda dan Airnya Bagi Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Muda - Kelapa atau dalam bahasa ilmiahnya Cocos nucifera merupakan jenis tumbuhan dari suku aren-arenan, banyak manfaat kelapa bagi manusia, hampir seluruh bagian dari tumbuhan ini bisa dimanfaatkan. Tumbuhan serbaguna ini, banyak dimanfaatkan oleh orang-orang pesisir pantai. Untuk lebih jelas tentang Pohon Kelapa atau Kelapa untuk panggilan buahnya, bisa langsung baca aja disini.

Disini akan dibahas salah satu manfaat dari buah kelapa, yaitu manfaan buah kelapa muda dan airnya. Disamping menyegarkan tenggorokan, air kelapa muda sebagai salah satu produk dari pohon kelapa ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan. Dari beberapa sumber yang berbeda, di share beberapa manfaat air kelapa muda bagi kesehatan.

Berikut manfaat kelapa muda dan airnya, yang mungkin berguna bagi anda yang sedang mencari info tenatang kegunaan air kelapa muda bagi kesehatan.

1. Sebagai obat penetral racun, dengan meminum air kelapa muda dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain. Dengan demikian dapat mempercepat proses penyerapan obat oleh darah.

2. Air kelapa muda dicampur dengan jeruk sitrun kemudian diminum, akan mengurangi dehidrasi. Dalam air kelapa muda terkandung nutrisi, vitamin dan mineral sehingga sangat cocok untuk mengurangi dehidrasi. Bahkan bisa dijadikan sebagai cairan infus dalam keadaan darurat. Juga untuk mengurangi gangguan cacing di dalam perut anak kecil.

3. Air kelapa muda berfungsi sebagai diuretik, yang dapat memperlancar pengeluaran air seni (kencing).

4. Air Kelapa punya manfaat untuk luka dan panas akibat terbakar. Bila dicampur dengan bubuk kunyit dan air dari kapur sirih, dapat menghilangkan rasa panas dan bekas melepuh pada kulit yang terbakar karena minyak panas atau penyebab lainnya dengan mengoleskan campuran tersebut. Untuk obat luka, telapak kaki pecah-pecah dan eksim, air kelapa muda juga berkhasiat untuk ini. Dengan menggunakan tempurungnya yang berisi air kelapa muda dan rendaman beras (segenggam) dan membiarkannya sampai beras terasa asam (peragian) yang kemudian digiling menjadi bubuk halus, ini bisa berguna untuk mengobati bagian tubuh yang sakit dengan cara mengoleskan tepung beras tersebut selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang dirasa sakit.

5. Campurkan air kelapa muda dengan air perasan jeruk nipis, sedikit garam dan madu, dan minum sehari tiga kali dapat menyembuhkan demam berdarah.

6. Campuran air kealapa muda dan susu kemudian diminum, ini dapat mencegah sembelit, rasa mual dan muntah, sakit pencernaan, dan mencegah penggumpalan susu dalam perut.

7. Jika anda memiliki jerawat yang membandel, obati dengan dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa dan biarkan semalam suntuk, tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah, kemudian mengaduknya sampai rata dan simpan selama 3 hari. Setelah itu, saring menggunakan 3 lapis kain kasa dan menyimpan sari dari hasil penyaringan tadi didalam botol. Oleskan pada bagian muka dua kali dalam sehari untuk mengobati jerawat.

Jika diminum dengan cara biasa, sangat membantu untuk menyegarkan tubuh. sebagaimana yang kita ketahui bahwa air kelapa muda mengandung mineral yang dibutuhkan sebagai pengganti ion tubuh. Kelapa muda bisa di dapat dengan harga yang cukup murah, dan sangat banyak dijual dipasaran karena buah ini bukan jenis buah musiman. minum
◄ Newer Post Older Post ►
SOSIAL MEDIA

ADVERTISEMENT